PUTRI MANDALIKA

by 124d1 on July 10th, 2010 under Putri Mandalika

Saturday, May 02, 2009

PUTRI MANDALIKA

Labels:


Cerita ini adalah sebuah cerita rakyat dari Lombok Nusa Tenggara yang diceritakan kembali oleh ibu Murti Bunanta. Murti Bunanta adalah seorang Doktor pertama dari Universitas Indonesia yang meniliti sastra anak anak sebagai topik disertasi. Seorang tokoh yang gigih mengadakan Festival Dongeng Asean setahun sekali. Saya selalu merasa bersyukur bahwa Indonesia memiliki ibu Murti Bunanta. Bukunya mengenai ”Problematika Penulisan Cerita Rakyat Untuk Anak di Indonesia” adalah harta karun saya yang terbesar.

Buku ini berkisah tentang Putri Mandalika yang diperebutkan oleh dua raja dari kerajaan besar. Untuk menghindari peperangan hebat, Putri Mandalika memilih untuk mengorbankan dirinya. Dari kisah ini akan terungkap mengapa binatang cacing adalah binatang istimewa yang dapat menyuburkan tanah.

Yang berkesan bagi saya pribadi adalah sebuah akhir penyelesaian yang lain dari pada biasanya. Kalau kita terbiasa membaca dongeng a la “hollywood ending” pasti agak sedikit sedih membacanya. Buku ini memang tidak berakhir dengan happy ending seperti harapan pembaca pada umumnya. Namun ending dari kisah ini berisi begitu banyak renungan dan pemikiran.

Ilustrasi buku ini dibuat oleh Isnaeni MH dengan sangat cantik dan elegan. Gaya tarikan pena bergaya ethnik Indonesia modern. Kaya warna dan sungguh eksotik. Buku ini selalu menjadi buah tangan saya untuk sahabat yang datang dari manca negara. Karena dengan ilustrasi seperti ini saya merasa buku ini layak untuk mewakili folktale dari Indonesia. Diwaktu senggang saya, tidak pernah bosan saya memandangi ilustrasi dari Isnaeni MH dalam buku Putri Mandalika. Saya share beberapa gambar indah dari buku ini untuk sahabat nikmati.

Share on Facebook
Share on Twitter

Leave a Reply